Paroki St. Maria Tak Bernoda Rangkassitung

Sabtu, 30 Agustus 2014

Kata Pembuka

Paroki Santa Maria Tak Bernoda Rangkasbitung
Refleksi atas pesan Sri Paus Fransiskus untuk Minggu Komunikasi ke-48


Dunia saat ini semakin “dekat”, demikian ungkap Bapa Suci Paus Fransiskus dalam pesan Minggu Komunikasi Sosial sedinia ke-48 Hal ini bisa disebabkan oleh pesatnya perkembangan transportasi dan juga karena kemajuan media komunikasi. Hanya dengan satu “klik” manusia bisa saling menyapa sahabatnya yang tinggal di benua lain.

Tema Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke 48 yaitu “Komunikasi: Budaya Perjumpaan yang Sejati” yang diumumkan pada Peringatan Santo Fransiskus dari Sales, pelindung Komunikasi Sosial. Paus menyadari bahwa saat ini terbentang jurang pemisah antara mereka yang hidup berkelimpahan dengan mereka yang menderita kelaparan, antara mereka yang hidup dalam gemerlapnya cahaya lampu dengan mereka yang melewati malam tanpa cahaya lampu.Pengalaman seperti itu ada di sekitar kita, bahkan mungkin kita termasuk berada di salah satu dari dua sisi kehidupan yang ektrim itu.Karena kita sering melihatnya, bahkan juga pelakunya, warna kehidupan seperti itu tidak lagi dianggap sebagai persoalan.Maka boleh dibilang bahwa dunia modern saat ini semakin “terbelakang” dimana orang hidup makin ekslusif, menutup mata terhadap penderitaan sesamanya.

Menanggapi seruan Sri Paus tersebut, Seksi Komsos Paroki St. Maria Tak Bernoda Rangkasbitung mulai 2 September 2014 meluncurkan sebuah media sosial berupa blogspot dengan nama smtbrangkas.blogspot.com dengan diluncurkannya blog tersebut diharapkan dapat terciptanya kebersamaan, menumbuhkan semangat solidaritas. Dinding-dinding kesenjangan dirobohkan dengan menciptakan situasi komunikasi saling mendengarkan dan berani belajar dari kebenaran yang dimiliki pihak lain.Sehingga tercipta wahana komunikasi yang bisa menciptakan “ruang publik”, yang memungkinkan terjadinya perjumpaan antar pribadi dan munculnya solidaritas bersama.

Tiada gading yang tak retak, demkian pula halnya dengan blogspot paroki, apabila ditermukan adanya kekurangan, mohon kiranya dimaafkan.Semoga blog ini bermanfaatkan bagi para pembacanya.



Salam Redaksi




             smtbrangkas.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar